Silabus Bk


SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun     Ajaran : 2014 - 2015

Sekolah : SMA Negeri 1 Cibeber                                            Kelas : XII                                                              Semester: Ganjil

Sub Tugas Perkembangan :
Pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

BIDANG
BIMBINGAN
KOMPETENSI
YANG DIHARAPKAN
MATERI PELAYANAN BK
KEGIATAN
KETERA
NGAN
LAYANAN
PENDUKUNG
PENILAIAN
1
2
3
4
5
6
7








































Pribadi :

1.Pemantapan sikap
   dan kebiasaan serta
   pengembangan
   wawasan dalam
   beriman dan  
   bertaqwa terhadap
  Tuhan Yang Maha
  Kuasa

2.Pemantapan
   pemahaman
   tentang kekuatan
   diri dan
   pengembangannya
  untuk kegiatan yang
  kreatif dan
  produktif, baik
  dalam   ke hidupan  sehari-  hari maupun untuk perannya di masa depan




Sosial :
Aspek- aspek dalam kehidupan beragama






















Belajar:
Usaha berfikir dan meng- optimalkan fungsi pikir akan mendatangkan pahala






















Karier:
Aspek-aspek bekerja dan pengembangan karier dalam kehidupan beragama

1.Memiliki keyakinan  
   dan ketagwaan sesuai
   dengan ajaran agama
    yang dianutnya







1.1. Memahami diri sendiri dan eksistensi diri manusia sebagai machluk Tuhan

1.2. Mensinergikan dzikir, fikir dan ikhtiar





2.Memiliki dasar humaniora untuk menerapkan kebersamaan dalam kehidupan

2.1. Menyadari tugas dan kewajibannya sebagai mahluk Tuhan YME

2.2. Membangkitkan rasa spiritual dan rasa bertanggungjawab untuk memikirkan peran sendiri dalam kehidupan ini

2.3. Meningkatkan kecerdasan spiritual dengan menyadari dan mensyukuri kelebihan dan kekurangan setiap individu


2.4. Menghiasi diri dengan sifat-sifat unggul




























1. ESQ Mendasari Perencanaan   Masa Depan

1.1.   Kesuksesan individu dalam kariernya,
akan diawali adanya suatu perencanaan masa depan yang didasari adanya kecerdasan emotional dan sprititual (esq). Dan individu dikatakan sukses , bilamana yang bersangkutan berguna baik bagi dirinya maupun bagi orang lain Kesuksesan yang dimaksud  meliputi; akademis dan non akademis, talenta dan pengalaman Pemahaman EQ (Emotional Quotient)
* Sukses akademis ; mampu menyelesaikan studi lanjut S1,S2,S3 hasil karyanya dapat bermanfaat dan diakui bagi orang lain (dokter, guru, desainer.dll)
* Sukses non akademis ; hasil karyanya yang diperoleh dari pengembangan diri tanpa melalui jenjang perguruan tinggi, dapat dipergunakan dan diakui manfaatnya oleh orang lain (penjahit, kapster,dll.)
* Sukses talenta ; keberhasilannya dari pengembangan bakat yang dimiliki (penyanyi, pegulat, dll)

* Sukses pengalaman ; keberhasilan yang diperoleh dari kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh.

A.      Dimensi IQ, EQ, SQ pada satu garis orbit God Spot
     
Setiap individu secara garis besar memiliki kemampuan intelektual, emosi dan spiritual
·         Kecerdasan Intelektual ; kemampuan individu untuk berpikir dan bertindak secara terarah serta efektiv dalam mengolah dan menguasai lingkungan dengan menggunakan akal logika.
·         Kecerdasan Emosi ; kemampuan memotivasi diri dan bertahan menghadapi frustasi  serta mampu mengendalikan dorongan hati, mengatur serta memelihara suasana hati
·         Kecerdasan Spiritual ; kemampuan individu dalam menjalin hubungan dengan Tuhannya, mampu berpikir kreatif, berwawasan jernih dan berisikan suara hati

ESQ (Emotional Spiritual Quotient) adalah mekanisme me “manage” ketiga dimensi Inteltual, Emotional dan Spiritual.

Tugas 1:
Siswa diberikan tugas , menuliskan  kunci kata hati ; 10 sifat positp dan 10 sifat negatip dan tanggapan

Tugas 2 :
Siswa diberikan tugas menilai diri sendiri secara jujur , bila mencapai 100 berarti memiliki SQ yang luar biasa.


B.      ESQ Sebagai Dasar Perencanaan Masa Depan

ESQ diperlukan oleh setiap individu agar dapat bertindak arif –bijaksana , dapat menyikapi segala sesuatu dengan lebih jernih dan cenderung mengisi kehidupan dengan bermakna.

Tugas 3 :
Siswa diberikan tugas meneliti barometer suasana hati dengan aplikasi dan realitas yang terdapat pada diri sendiri.

Kecakapan hidup yang dapat
dikembangkan pada kegiatan ini, adalah :
·         Pengembangan eksistensi diri sebagai machluk Tuhan, sosial dan lingkungan
·         Kesadaran potensi diri dan dorongan untuk mengembangkannya.

      


1. Informasi













2. Orientasi

















3. Pembelajaran




















4. Konseling
Kelompok























5. Konseling
Individu
1.
 APIN
(Aplikasi Instrumentasi Bimbingan)

Non Tes

2.
Alih Tangan Kasus










































Non Tes:
1)
format isian 10 sifat positif dan 10 sifat negativ yang dimliki serta tanggapan
2)
format isian penilaian diri sendiri







3)
format
Tes SQ, dorongan Suara Hati

2.
Alih Tangan kasus
(bagi siswa yang memerlukan memperoleh pelatihan ESQ secara pribadi maupun kelompok)
1.
Laiseg
(Penilaian segera)

2. Laijapen
(Penilaian jangka pendek)

3. Laijapang
(Penilaian jangka panjang)













































1.
Laiseg
(Penilaian segera)
mengetahui kunci kata hati ; 10 sifat positif –negatif
2. Laijapen
(Penilaian jangka pendek)
penlaian diri sendiri secara jujur, bila perolehan nilai 100, siswa memiliki SQ yang luar biasa
3. Laijapang
(Penilaian jangka panjang)
siswa ada pada satu garis orbit, dimensi spiritual bersifat universal
1.Alokasi waktu:

awal tahun ajaran  baru

2. Sumber Belajar

a)
Buku Modul BK kelas kelas III ’03, kelas XII ’04 , kelas XII ‘06

b)
Internet mailinglist ESQ L.C.

c)
Pelatihan ESQ.

d)
Seminar ESQ Learning Super Memory

3. Kerjasama:

a)
GP/ Konselor lainnya

b)
Guru Agama
Rohis dan Rokris

c)
Wakasek Sarana Prasarana

d)
Wakasek Kesiswaan

e)
Mengundang pakar ESQ khusus untuk remaja



















Sub Tugas Perkembangan :
Mengembangkan penguasaan ilmu , teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karier dan melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam masyarakat yang lebih luas.

1
2
3
4
5
6
7























Pribadi :

Pengembangan kemampuan mengenali dan mengarahkan diri sesuai dengan keputusan yang telah diambilnya













Belajar:

1. Pemantapan  kebiasaan disiplin belajar sebagai pengembangan kemampuan akademik/ kognisi dan berlatih/ psikomotor, baik secara mandiri maupun berkelompok


2. Pemantapan penguasaan materi program belajar di SMA sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi dan kesenian.























































Karier :

1.Pemantapan pemahaman diri berkenaan dengan kecenderungan karier yang hendak dikembangkan



















































2.
Orientasi dan informasi terhadap dunia kerja dan usaha memperoleh penghasilan untu memenuhi kebutuhan hidup



































Sosial:
1. Orientasi tentang hidup berkeluarga
2. Pemantapan kemampuan bersikap dalam berhubungan sosial, baik di rumah, di sekolah ; pada guru dan nara sumber lainnya, ditempat latihan/ kerja/ unit produksi maupun di masyarakat luas dengan menjunjung tinggi tata krama, sopan santun, serta nilai-nilai adat-istiadat, hukum, ilmu, dan kebiasaan yang berlaku
1. Menguasai pengetahuan dan keterampilan akademik/ psikomotor, berkarya dan mengalihgunakan ilmu, teknologi dan seni untuk hidup di masyarakat lokal, nasional, regional dan internasional












1.1. Paradigma belajar sepanjang hayat dan sejagat hayat











1.2. Usaha berpikir dan mengoptimalkan fungsi pikir akan mencapai meta kecerdasan

























































1.3. Memahami kecenderungan karir yang hendak dikembangkan












































1.4. Memiliki orientasi dan informasi karir pada umumnya, khususnya karir yang hendak dikembangkan
2. Perencanaan Karier
     
     Setelah lulus SMA ? diperlukan usaha yang sungguh-sungguh untuk mencapainya, diperlukan perencanaan “Kemana setelah lulus SMA ?”
     Ada 4 alternatif pilihan:
(A) Melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi, (B) Mengikuti kursus / pelatihan, (C) Memasuki dunia kerja, (D) Memasuki kehidupan berkeluarga

(A)    Merencanakan Kelanjutan Studi ke  Jenjang Pendidikan Tinggi

       Didalam agama dikatakan ; setiap insan “belajar sepanjang hayat”; Usaha berpikir dan mengoptimalkan fungsi pikir mendatangkan pahala. Kemiskinan sangat beresiko besar kepada kekufuran (melemahnya   / hilangnya keimanan). Mengandung “makna” bahwa setiap insan wajib menuntut ilmu, harus memiliki dorongan untuk mengembangkan kesadaran potensi diri.

     Beberapa informasi mengenai perguruan tinggi sbb:

1. Status dan Akreditasi Perguruan Tinggi :
a) Status Terdaftar ; Diakui atau Disamakan diberikan kepada program studi perguruan tingi swasta
b) Status Terakreditasi ; Diakui atau Nir-Akreditasi , diberikan kepada semua perguruan tinggi

2. Jalur dan Jenjang Pendidikan di Perguruan Tinggi
a) Jalur Akademik (biasanya disebut jenjang Sarjana / S1), lebih menekankan pada penguasaan ilmu pengetahuan serta pengembangannya
b) Jalur Profesional (sering disebut jenjang diploma) , lebih menekankan pada penerapan keahlian tertentu

3. Jenis Perguruan Tinggi
a) Universitas ; Sifatnya umum, terdiri dari berbagai fakultas- fakultas dan jurusan-jurusan . Menyelenggarakan program pendidikan akademik dan/atau profesional dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan tertentu
b) Institut ; Sifatnya lebih khusus terdiri dari fakultas- fakultas dan jurusan yang menghasilkan keahlian sejenis. Menyelenggarakan program pendidikan akademik (sarjana) dan/atau profesional (diploma) dalam kelompok ilmu pengetahuan sejenis
c) Sekolah Tinggi ; Mempunyai kekhususan satu bidang keahlian.Menyelenggarakan program pendidikan akademik (sarjana) dan/atau profesional (diploma) dalam lingkup satu disiplin ilmu tertentu
d) Akademi ; Bersifat non gelar. Menyelenggarakan program pendidikan profesional (diploma) dalam satu atau sebagian cabang ilmu pengetahuan tertentu
e) Politeknik ; Bersifat non gelar .
Menyelenggarakan program pendidikan profesional (diploma) dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus.



4. Sistem Penerimaan Mahasiswa
a) Secara non tes ; melalui PMDK (Penelusuran Minat dan Bakat) , PPKB (Program Pemerataan Kesempatan Belajar) , PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) , PBUD (Penelusuran Bibit Unggul Daerah) dsb.nya.
b) Secara Tes / Ujian Tulis , melalui SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru)

5. Sistem Belajar Di Perguruan Tinggi
Dikenal dengan sistem kredit semester / SKS . Jumlah SKS pada setiap jenjang pendidikan berbeda

Tugas 1:
    Siswa berdiskusi  (4-5 orang). Mengumpulkan informasi ; jurusan, mata kuliah, jenjang studi / strata serta prospek masa depan.Dan mempresentasikan di depan kelas dengan OHP atau LCD dsb.nya.

Tugas 2 :
  Siswa memilih  jurusan kelanjutan studi yang diminati.
    
6. Perguruan Tinggi Kedinasan
Perguruan Tinggi dibawah departemen selain Departemen Pendidikan Nasional

Tugas 3 :
Siswa berdiskusi (4-5 orang) . Mengumpulkan informasi perguruan tinggi kedinasam; tempat alamat, syarat pendaftaran, mata kuliah yang dipelajari dan prospek masa depan . Dan mempresentasikan di depan kelas dengan OHP atau LCD dsb.nya.




Tugas 4 :
Siswa menuliskan pilihan perguruan tinggi kedinasan dan kemungkinan hambatan yang dihadapi bagi yang berminat

7. Studi Ke Luar Negeri
Sudah lumrah bagi yang berminat dan memiliki dukungan mewujudkannya. Ada beberapa hambatan a.l.:
a) Bahasa b) Biaya Pendidikan , c) Program Keahlian Yang Dipilih

Tugas 5 :
Siswa berdiskusi (4-5 orang) . Mengumpulkan informasi perguruan tinggi diluar negeri melalui media cetak, elektronik, internet maupun pameran pendidikan atau datang ke kedutaan negara asing; Dan tuliskan hasil diskusi menurut opini masing-masing

(B). Mengikuti Kursus / Pelatihan
    Diawali dengan meningkatkan kecakapan hidup untuk dapat dijadikan modal bekerja / berwiraswasta dengan memasuki kursus keterampilan / pelatihan dan dipilih sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki

Tugas 6 :
Siswa berdiskusi (4-5 orang) . Mengumpulkan informasi tempat alamat, fasilitas yang ada dan prospek masa depan Dan mempresentasikan di depan kelas dengan OHP atau LCD dsb.nya.

Tugas 7 :
Siswa menuliskan dua jenis kursus keterampilan yang diminati




(C). Memasuki Dunia Kerja
        Bekerja merupakan kebutuhan manusia agar keadaan dirinya lebih baik dan nyaman dalam menjalani kehidupannya dengan memperoleh sumber penghasilan. Tidak semua siswa melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi, karena adanya berbagai alasan, maka dunia kerja menjadi pilihan.
        Tahapan untuk memasuki dunia kerja, al:
1) mencari lowongan
a).mendaftar ke Depnaker
b).membaca koran, lihat iklan lowongan kerja/ media cetak
c).bergaul dengan orang yang sudah bekerja untuk menumbuhkan motivasi kuat mencari kerja
d).melihat informasi melalui media elektronik (TV, Internet,dll.)
e).mengunjungi pameran bursa kerja
f).memantapkan rasa percaya diri dan mempromosikan kemampuan yang dimiliki
ditindak lanjuti dengan mempersiapkan berkas persyaratan yang diminta
a).fotokopi STTB
b).fotokopi KTP
c).surat lamaran dan riwayat hidup
2)     mengikuti seleksi
a).administrasi, b) akademis, c) psikotes
     d).wawancara, e).kesehatan

Tugas 8 :
Siswa berdiskusi (4-5 orang) . Mengumpulkan informasi lengkap dengan persyaratan yang diminta (dalam bentuk kliping) Dan mempresentasikan di depan kelas dengan OHP atau LCD dsb.nya.




Tugas 9 :
Siswa melakukan wawancara dengan orang yang berwiraswasta disekitar lingkungan tempat tinggal.

Tip menghadapi tes wawancara :

(D) Memasuki Kehidupan Berkeluarga
Menikah merupakan salah satu alternatif pilihan setelah lulus SMA, namun perlu dipertimbangkan kembali kemungkinan banyaknya hambatan dan tantangan.

Tugas 10 :
Siswa diminta menuliskan opini mengenai perkawinan diusia dini

Tugas 11 :
Siswa diminta menuliskan tiga (3) pilihan  cita-cita / karier

Kecakapan hidup yang dapat dikembangkan pada kegiatan ini adalah :
Pengembangan berfikir dan bernalar, penggalian dan pengolahan informasi secara cerdas.
1.
Orientasi





2.         
Informasi














3.
Pembelajaran


















































4.
Penempatan dan Penyaluran



















5.
Konseling ndividu










1.
APIN
(Aplikasi Instrumentasi Bimbingan)




















































































non tes:
1)
format isian
pilihan program studi  jurusan
alamat dan prospek masa depan
2)
tiga pilihan progam studi






3)
hasil diskusi perguruan tinggi kedinasan




4)
tiga pilihan perguruan tinggi kedinasan







5)
pemberian pendapat studi di luar negeri








6)
hasil diskusi lembaga / kursus keterampilan / BLK

7)
perolehan informasi dua tempat BLK


































8)
Lowongan pekerjaan






9)
laporan hasil wawancara orang ber wiraswawta
2.
HPDT :
(Himpunan Data):
alat peraga
tip meng
hadapi wa
APIN :
10)
Opini menikah di usia remaja

11)
tiga pilihan karier

1.
Laijapen
(pemilaian  jangka pendek)

(merupakan proses dan perlu orientasi diri),
siswa mencari informasi, membuat klping, dll. Sejenis







2
laijapen
(penilaian jangka pendek)
dalam proses memperoleh berbagai informasi dan menghubungkannya dengan cita-cita / karier


















































Laijapang
(penilaian jangka panjang)

dalam proses orientasi diri, siswa perlu dipandu secara berkesinambungan sampai dengan satu semester , bahkan dapat sampai dengan satu tahun/ melepas kelulusan siswa
1.
Alokasi waktu :

Agustus/ September 2006

2.
Sumber belajar :

a)
Modul BK kelas III ’03,kelas XII ’04 , kelas XII ‘ 06

b).
Media cetak / surat kabar/ ilan lowongan kerja

c).
Media elektronik/ TV Internet informasi peluang kerja

d).
Majalah
Higher Learning tentang kelajutan studi di Perguruan Tinggi

5.
Brosur yang menginformasikan

a)
tempat- tempat studi bisa diperoleh sewaktu ada pameran
 
b)
tempat-tempat kursus

3.
Kerjasama :

a).
Wakasek Kurikulum

b).
Wakasek kesiswaan

c).
Institusi/ instansi negeri maupun swasta terkait
/ Psikolog
















Mengetahui Kepala SMA N 1 Bayah                                                                                                                           Guru Pembimbing



ADJANG SUHARDJA, S.Pd                                                                                                                                       ADJANG SUHARDJA, S.Pd
NIP. 196308021987031006                                                                                                                                        NIP. 196308021987031006


SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tahun Ajaran 2013 - 2014

Sekolah : SMA Negeri 1 Cibeber                         Kelas : XII                                                                      Semester:  Genap
Sub Tugas Perkembangan: Mencapai kematangan dalam pengambilan keputusan
Bidang Bimbingan
Kompetensi
Yang Diharapkan
Materi Pelayanan BK
Kegiatan
Ketera
ngan
Layanan
Pendukung
Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
































Pribadi :
Pemantapan tentang bakat dan minat pribadi serta penyaluran dan pengembangannya melalui kegiatan-kegiatannya yang kreatif dan produktif

Belajar :
Pemantapan sikap kebiasaan dan keterampilan belajar yang efektif dan efisien serta produktif dengan sumber belajar yang lebih bervariasi dan kaya




Karir :
Pemantapan pemahaman diri berkenaan dengan kecenderungan kariri yang hendak dikembangkan
























1
Memiliki keyakinan dan ketaqwaan sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya
1.1. Memiliki pemahaman yang mantap tentang bakat dan minat pribadi serta dapat menyalurkannya melalui berbagai kegiatan yang kreatif dan produktif
2.
Menghargai eksistensi dalam berekspresi seni
.4. Pengambilan Keputusan

A. Pengambilan Keputusan Melalui Analisis SWOT
Merupakan salah satu teknik yang dapat dipergunakan untuk menelaah  tingkat keberhasilan pencapaian cita-cita/karier

S  = Streght / Kekuatan
Merupakan potensi pada diri sendiri (kemampuan akademis , kemampuan umum, kemampuan khusus / Bakat)
yang dapat mendukung cita-cita / karier

W = Weekness / Kelemahan
Merupakan kekurangan pada diri sendiri (potensi fisik dan potensi psikis ; malas, tidak termotivasi,dll.)yang kurang menunjang dan dapat menghambat cita-cita / karier

O = Opportunity / Peluang
Merupakan kesempatan yang dapat mendukung cita-cita / karier datangnya cenderung dari luar diri sendiri (dukungan orangtua / keluarga baik secara phisik sosial dan ekonomi)

T = Threats / Ancaman
Merupakan kesempatan yang dapat menghambat cita-cita / karier datangnya cenderung dari luar diri sendiri ( perbedaan pandangan dengan orangtua / keluarga , dll)

Tugas 1 :
Siswa menuliskan dua macam cita-cita / karier dan menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang kemungkinan dihadapi

Tugas 2 :
Siswa membuat analisa hubungan antara cita-cita / karier serta peranan lingkungan

B. Meyakini Keputusan
Untuk meyakini suatu keputusan yang ditentukan berdasar analisis SWOT memerlukan emotional spiritual quotient dengan barometer suara hati yang dimiliki.

Tugas 3 :
Siswa mengambil keputusan

Kecakapan hidup yang dapat dikembangkan pada kegiatan ini, adalah :Kemampuan meyakini keputusan yang telah diambil berdasarkan analisa diri sendiri dan kepercayaan terhadap keagungan Tuhan YME.
1.
Informasi


































2.
Bimbingan
Kelompok








3. Konseling Individu










1.
APIN
(Aplikasi Instrumentasi Bimbingan)





























Non tes:
Format isian:
a)
dua macam cita-cita / karier dan
Analisis SWOT
b)
analisa hubungan cita – cita / karier serta peranan lingkungan
c)
Pengambilan keputusan


1.
Laijapen
(Penilaian jangka pendek)

a)
menentukan dua macam pilihan cita-cita / karier

b)
hasil hubungan cita-cita/ karier dan peranan lingkungan

c) pengambilan keputusan






2.
Laijapang
(Penilaian Jangka Panjang)

diterimanya siswa sesuai dengan pilihan yang telah diputuskan

1.
Alokasi Waktu :

Januari 2007

2.
Sumber belajar

a)
 Buku Modul BK
kelas III ’03, kelas XII ’04, kelas XII ‘06

b)
Surat kabar, iklan Perguruan Tinggi, Dunia Kerja, Kursus


* Informasi PT, Dunia kerja Kursus,dll
“High Leaner”
* Internet

3.
Kerjasama :
Orangtua siswa











Mengetahui Kepala SMA N 1 Cibeber                                                                                                                         Guru Pembimbing

ADJANG SUHARDJA, S.Pd                                                                                                                                       ADJANG SUHARDJA, S.Pd
NIP. 196308021987031006                                                                                                                                        NIP. 196308021987031006
                                                                                                                                                                                   


KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan :
            Bahwasanya upaya setiap Guru Pembimbing didalam menyikapi penerapan kurikulum berbasis kompetensi , dan tertuang dalam stadart isi BSNP tahun 2006, adanya penerapan Pengembangan Diri bagi seluruh siswa yang perlu diperhatikan oleh Guru Pembimbing dan/ atau Konselor dalam pembinaan pengembangannya.bagi siswa kelas X, XI dan XII . Selalu terjadi dinamika perubahan secara terus menerus menuju kepada pola pedoman pelayanan bimbingan dan konseling yang baku. Dan diterapkan di sekolah masing-masing sesuai dengan keberagaman potensi sekolah setempat maupun potensi siswa disesuaikan dengan kemampuan , bakat dan minat siswa beserta pemilihan layanan yang sesuai dengan keberagaman tersebut.
            Tuntutan bagi setiap Guru Pembimbing selain memiliki ilmu pengetahuan bimbingan dan konseling dan keterampilan dalam layanan konseling  perlu mempersiapkan perangkat administrasi untuk memberikan dukungan terhadap kegiatan layanan, pendukung serta penilaian, dengan rambu-rambu yang ada dan dapat bekerja sama dengan Guru atapun personil yang sesuai dengan kebutuhan dalam pengembangan diri.
            Contoh silabus Pelayanan Bimbingan dan Konseling ini hanya merupakan sebuah alternatif contoh yang dibuat

Saran :
            Penerapan  kurikulum KTSP dengan penyempurnaannya, tentunya masih membutuhkan pelatihan bagi setiap Guru Pembimbing secara terus menerus baik di Pusat maupun di propinsi ; oleh Dinas Dikmenti melalui wadah MGP baik ditingkat propinsi, wilayah, kecamatan atau rayon, maupun pada masing-masing sekolah.
           
            Atas izin Alloh SWT, semoga bermanfaat . Amien.





           
Lampiran 1

TUGAS PERKEMBANGAN SISWA SMA / MA



                                i.            Mencapai kematangan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
                              ii.            Mencapai kematangan pertumbuhan jasmani dan rohani yang sehat
                            iii.            Mencapai kematangan dalam hubungan dengan teman sebaya, serta kematangan dalam perannya sebagai pria           dan wamita
                            iv.            Mencapai kematangan berpikir dan mengembangkan kemampuan umum
                              v.            Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, seni dan kreasi sesuai dengan program         kurikulum       dan      aspirasi karir   
       dan/ atau melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi
                            vi.            Mencapai kematangan dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat luas dalam hubungan       interpersonal    dan
      mengembangkan kecerdasan emosi
                          vii.            Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan keluarga, bermasyarakat,       berbangsa dan             bernegara
                        viii.            Mencapai kemandirian pilihan karir sesuai dengan potensi yang dimiliki
                            ix.            Mengembangkan kematangan dalam sistem etika, nilai dan kecerdasan intelektual, emosi dan       spiritual






Lampiran 2 :
RUMUSAN KOMPETENSI

  1. Bimbingan Pribadi :
            1.1.  Pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
            1.2.  Pemantapan dalam perencanaan dan penyelenggaraan hidup sehat, baik secara jasmaniah maupun rohaniah
            1.3.  Pemantapan tentang pengembangan pola-pola pikir dan/ akal dan nurani
            1.4.  Pemantapan pemahaman tentang kekuatan diri dan pengembangannya dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk perannya            
                    dimasa depan
            1.5.  Pemantapan pemahaman tentang kelemahan diri dan upaya pengembangan kemampuan memecahkan masalah
            1.6.  Pemantapan tentang bakat dan minat pribadi serta penyaluran dan pengembangannya melalui kegiatan-kegiatan yang kreatif dan produktif
            1.7.  Pemantapan kemandirian dalam pengambilan keputusan sesuai nurani
            1.8.  Pengembangan kemampuan mengenali dan mengarahkan diri sesuai dengan keputusan yang telah diambilnya
            1.9.  Orietasi diri didasari pengembangan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual

  1. Bimbingan Sosial :
                2.1.  Pemantapan kemampuan berkomunikasi, baik lisan maupun tulisan secara efektif dengan teman sebaya, baik pria maupun wanita                            
                     termasuk peranannya (sebagai wanita maupun pria)
            2.2.  Pemantapan kemampuan bersikap dalam berhubungan sosial, baik dirumah, disekolah; pada guru dan nara sumber lainnya, ditempat latihan/ 
                     kerja/ unit produksi maupun di masyarakat luas dengan menjunjung tinggi tata - krama, sopan santun, serta nilai-nilai, adat-istiadat, hukum,
                     ilmu, dan kebiasaan yang berlaku
            2.3.  Pemantapan kemampuan pengembangan kecerdasan emosi dalam hubungan yang dinamis, harmonis dan produktif dengan teman sebaya,            
                     baik didalam maupun diluar sekolah dan masyarakat pada umumnya
            2.4.  Pemantapan kemampuan menerima dan mengemukakan pendapat serta berargumentasi secara dinamis, kreatif dan produktif
            2.5.  Pemantapan pemahaman tentang peraturan, situasi dan kondisi sekolah sebagai pengembangan ranah afektif serta upaya pelaksanaan, 
                     dinamis dan bertanggung jawab
            2.6.  Orientasi tentang hidup berkeluarga

3.             Bimbingan Belajar :
                3.1.  Pemantapan sikap dan kebiasaan berdoa ; sebelum dan sesudah belajar, efektif dan efisien serta produktif, baik dalam menggali dan mengolah 
                     informasi dari berbagai sumber belajar serta bersikap pada guru dan nara sumber lainnya, mengembangkan keterampilan belajar, mengerjakan
                     tugas – tugas pelajaran, dan menjalani program penilaian hasil belajar
            3.2.  Pemantapan kebiasaan disiplin dalam belajar sebagai pengembangan kemampuan akademik/ kognisi dan berlatih/ psikomotor, baik secara  
                     mandiri maupun berkelompok
            3.3.  Pemantapan penguasaan materi program belajar di SMA sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi dan kesenian
            3.4.  Pemantapan pemahaman dan pemanfaatan kondisi fisik,sosial dan budaya yang ada di sekolah, lingkungan sekitar, dan 
                    masyarakat pada umumnya untuk pengembangan pribadi, wawasan dan/ pengetahuan
            3.5. Orientasi belajar untuk pendidikan tambahan dan pendidikan yang lebih tinggi

4.             Bimbingan Karir :
                4.1.  Pemantapan pemahaman diri berkenaan dengan kecenderungan karier yang hendak dikembangkan
            4.2.  Pemantapan orientasi, penggalian dan pengolahan informasi karir pada umumnya, khususnya karir yang hendak dikembangkan
            4.3.  Pemantapan pengembangan orientasi dan informasi terhadap dunia kerja dan usaha memperoleh penghasilan untuk memenuhi 
                    kebutuhan hidup
            4.4. Pemantapan pengembangan diri berdasarkan kecerdasan intelektual- emosional-spiritual untuk pengambilan keputusan pilihan            
                    karir sesuai dengan potensi yang dimiliki
            4.5. Orientasi dan informasi terhadap pendidikan yang lebih tinggi, khususnya sesuai dengan karir yang hendak dikembangkan


Lampiran 3 :
KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN


1.      Memiliki keyakinan dan penghayatan kaidah keimanan dan ketaqwaan sesuai dengan ajaran yang  dianutnya
2.      Memiliki pola hidup berdasarkan nilai-nilai kebersihan, kesehatan, dan kebugaran jasmani – rohani
3.      Memiliki kematangan pola pikir dalam pengembangan kemampuan umum, dan akademik
4.      Memiliki kemampuan pengetahuan,  keterampilan akademik dan psikomotor, berkarya dan mengalih  gunakan ilmu, teknologi, seni
dan kreasi untuk hidup di masyarakat lokal, nasional dan internasional
5.     Memiliki nilai dasar humaniora, mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama toleran, damai), santuun respponsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif  untuk menerapkan kebersamaan dalam kehidupan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
6.      Menghargai eksistensi dalam berekspresi seni
7.      Berpartisipasi dan berwawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
8.      Memiliki kematangan pengembangan sistem etika, nilai dan nurani
9.      Memiliki kemandirian dalam pengambilan keputusan pilihan karir sesuai potensi yang dimiliki berdasarkan             kecerdasan intelektual-   emosi-spiritual

Advertisement

Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top